Rabu, 04 April 2012

Kritik Hadist


A.Penelitian Sanad
1.Matan dan Perawinya
Adapun matan hadist yang akan ditakhrij ,yaitu :
أن رسول الله صلى الله عليه و سلم أرخص في بيع العرية بخرصها تمرا) رواه إبن ماجه)
Artinya :
“Bahwasanya Rasulullah saw memberikan kelonggaran dalam jual-beli araya dengan taksiran kurma basah.”
Setelah dilakukan pen-takhrij-an dengan kitab al-Mu’jam al-Mufahras li Alfadz al-Hadist al-Nabawi,dan kata yang di ambil adalah عري dari situlah didapatkan keterangan[1],sebagai berikut;
رخص ......,أرخص فى بيع العرية. خ بيوع {83}.  م بيوع {59},{63},{66}. ن بيوع {33}.جه تجارات {55}.
            Adapun istilah-istilah di atas memberikan pengertian bahwa hadist yang menjelaskan tentang jual-beli araya tersebut terdapat dalam :
·         Hadist tersebut terdapat dalam kitab shahih al-buhkari,kitab al-buyu’(jual-beli) bab 83 No 2028,2039,2043.
·         Hadist tersebut terdapat dalam kitab Shahih Muslim,kitab al-buyu’ (jual-beli),bab yang ke-59 No 3878-3888,63,dan ke-66.Jadi dalam kitab shahih muslim terdapat tiga hadist yang menjelaskan mengenai jual-beli araya.
·         Hadist tersebut terdapat dalam kitab Sunan al-Nasai,kitab al-buyu’ (jual-beli),bab 33 No  4544 - 4548 .
·         Hadist tersebut terdapat dalam kitab sunan Ibnu Majah,kitab al-tijarat (perdagangan) bab 55 No 2269 .Sebagaimana matan hadist yang telah disebut di atas.
Adapun secara lengkapnya tulisan hadist tersebut adalah sebagai berikut :
حدثنا محمد بن رمح . أنبأنا الليث بن سعد عن يحيى بن سعيد عن نافع عن عبد الله بن عمر أنه قال حدثني زيد بن ثابت أن رسول الله صلى الله عليه و سلم أرخص في بيع العرية بخرصها تمرا) رواه إبن ماجه)
               
“Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ramhah,Telah menghabarkan kepada kami al-Lais bin said dari yahya bin said dari Nafi dari Abdullah bin Umar,sesungguhnya beliau berkata telah bercerita kepadaku Zaid bin Tsabit : bahwasnya Rasulullah saw. Memberikan kelonggaran dalam jual-beli araya dengan taksiran kurma basah.”


                Hadist tersebut diriwayatkan oleh tujuh perawi di mana perawi terkhirnya adalah Ibnu Majah,Ia meriwayatkan dari Muhammad bin Ramhah,dari al-Lais bin Said,dari Yahya bin Said,dari Nafi’,dari Abdullah bin Umar,dari Zaid bin Tsabit.
            Untuk mempermudah gambaran periwayatan hadist,maka disini dicantumkan skema periwayatan,yaitu sebagai berikut :








 


























                                                                                                  





2.Biografi dan Nilai al-Jarh wa-Ta’dil Perawi
a.Zaid bin Tsabit[2]
            Nama lengkap beliau adalah Zaid bin Tsabit bin Dhahak bin Zaid bin Laudzan bin ‘Abdu Auf bin Ghanam bin Malik bin Najjar atau Abu Kharijah sahabat Nabi saw.Ibu beliau bernama Ummu Nawar binti Malik.Ketika Rasulullah saw hijrah ke Madinah,saat itu beliau berumur 11 tahun,beliau adalah penulis wahyu yakni al-Qura’n. Menurut satu riwayat saat Rasulullah saw. Tiba di Madinah beliau memrintahkan kepada Zaid untuk membaca beberapa surat dari al-Qur’an dan Ia mampu membaca dan manghafal 17 surat dan Rasulullah pun kagum padanya.
            Di antara guru-gurunya adalah Rasulullah saw.,Abu Bakar as-Shidiq,Umar bin Khatab,Abdullah bin Umar,Usman bin Affan,Abdullah bin Usman.Sedangkan di antara murid-murid beliau adalah Abban bin Usman bin Affan,Anas bin Malik,Basyar bin Said,Tsabit bin Hajjaj,Tsabit bin Ubaid, Abu Said al-Khudry,Abdullah bin Umar bin Khattab,’Atha bin Yasar,dan masih banyak lagi murid beliau yang lain.
            Beliau termasuk golongan sahabat yang menjadi sekertaris nabi,beliau tidak mengikuti perang Badar karena saat itu beliau masih berumur 11 tahun dan Rasulullah melarangnya untuk ikut.akan tetapi beliau pernah mengikuti perang Khandak ketika beliau berumur 15 tahun.Beliau wafat pada umur 45 tahun di Madinah.Menurut suatu riwayat dari Said bin Musayyab beliau berkata wafatnya beliau adalah termasuk dari matinya ilmu yang banyak.
b.Abdullah bin Umar[3]
            Nama lengkap beliau adalah Abdullah bin Umar bin Khattab al-Quraisy al-Adwi.Belaiu masuk Islam sejak awal-awal masa penyebarannya.Ia hijrah ke-Madinah bersama ayahnya,Ia lahir pada hari ahad,dan menyaksikan perang Khandak dan setelahnya.Ibunya bernama Zainab binti Math’un saudara perempuan Usman bin Affan.
            Diantara guru-guru belaiu adalah Nabi saw.,Bilal bin Rabbah (muadzin Rasulullah),Rafi’ bin Khadij,Zaid bin Tsabit,Zaid bin Khattab (pamanya),Said bin Abi Waqqas,Suhaib bin Sinnan dan masih banyak lagi.Adapun Murid-murid belaiu antara lain adalah Adam bin Ali al-Bakri al-‘Ajali,Aslam (maula Umar bin Khattab),Annas bin Sirrin,Basar bin Said al-Madany, Said bin Musayyab,Nafi’,Abdurrahman bin Alqamah dan lain-lain.
            Ketika perang badar terjadi beliau berumur 13 tahun,dan beliau pernah mengikuti perang khandak pada usia 16 tahun.Beliau wafat pada tahun 73 H di Murru.

c.Nafi’[4]
            Ketika masih kecil beliau bernama Abdullah,beliu adalah golongan tabiin, budak dari Abdullah bin Umar,menurut suatu riwayat beliau berasal dari barat ada yang mengatakan dari Naisabur,ayahnya bernama Abdullah.
            Guru-guru beliau di antaranya adalah Ibrahim bin Abdullah bin Hanin,Ibrahim bin Abdullah bin Ma’bad,Aslam (budak Umar bin Khattab),Zaid bin Abdullah,Salim bin Abdullah (saudaranya), Aisyah,Abi Huroirah,Ummu Salamah,Abdullah bin Umar.Sedangkan di antar murid-murid beliau adalah Malik bin Annas,Muhammad bin Sirrin,Yahya bin Said,Yahya bin Said,Yazid bin Abi Habib,dan lain-lain.
            Beliau termasuk dalam jajaran as-sahhul as-sannid menurut Imam Bukhari,belaiu wafat pada tahun 117 H di Madinah.
d.Yahya bin Said[5]
            Yahya bin Said bin Qais bin Amr Ibnu Tsa’labah bin Harist bin Zaid bin Tsa’labah bin Ghanam bin Malik bin Najjar.Belaiu adalah seorang hakim di Madinah.
            Di antara guru belaiu adalah Nafi’ maula Ibnu Abbas,Musa bin ‘Aqabah,Muhammad bin Yahya bin Hibban dan lain-lain.Dan murid-murid belaiu antara lain adalah Malik bin Annas,Lais bin Said,Muhammad bin Ishaq,Ismali bin ‘Iyas,Ismail bin Qais,dan lain-lain.
            Beliau adalah orang yang faqih,seorang yang paling utama pada masanya,beliau wafat pada tahun 144 H di Hasyimiyah.
e.Lais bin Said[6]
            Lais bin Said bin Abdirrahman al-Fahmi kunyah beliau adalah Abu al-Harist budak dari Abdurrahman bin Khalid bin Musafir,beliau berasal dari Asbahan salah satu daerah di Mesir.
            Guru-guru beliau adalah Ibrahim bin Abi Ghalabah,Ibrahim bin Nasyith,Bakir bin Abdillah,Ja’far bin Abdullah, Yahya bin Said,Nafi maula Ibnu Umar,Bakr bin Sawwadah.Sedangkan murid beliau adalah Muhammad bin Ramh,Qutaibah bin Said,Ahmad bin Abdullah,Ahmad bin Abdullah bin Yunus,Adam bin Abi Iyas.
            Beliau seorang yang di anggap kuat fatwanya,termasuk seorang yang paling tsiqoh di Mesir,beliau wafat pada tahun 175 H.
f.Muhammad bin Ramhah[7]
            Muhammad bin Ramhah bin Muhajir adalah seorang akbar al-tabi’in di masanya,beliu hidup di daerah Murru.Budak dari Abu Abadullah al Misri.
            Guru beliau adalah Abdullah bin Lahi’ah bin ‘Aqabah dan Lais bin Said.Sedangkan murid beliau adalah Imam Ibnu Majah.Beliau wafat pada tahun 242 H.

1.Data Dari Kitab
NO
NAMA
GURU
MURID
JARH WA TA’DIEL
1
Zaid bin Sabit bin Dhahak w.55 H
Guru : 5
Rasulullah saw.,Abu Bakar as-Shidiq,Umar bin Khatab,Abdullah bin Umar,Usman bin Affan
Murid : 41
Anas bin Malik,Abu Said al-Khudry,Abdullah bin Umar bin Khattab,’Atha bin Yasar
1.Ashabul Fatawa min Ashab an-Nabi
2
Abdullah bin Umar bin Khattab w.73 H
Guru : 20
Rasulullah saw.,Zaid bin Tsabit,Abi Lababah,Zaid bin Khattab
Murid : 228
Zaid bin Aslam,Said bin Musayyab,Nafi’,Abdurrahman bin Alqamah
1.Hafsah : Rajul as-Shalih

3
Nafi’ Maula Abdullah bin Umar bin Khattab w.120 H
Guru : 29
Aisyah,Abi Huroirah,Ummu Salamah,Abdullah bin Umar
Murid : 139
Malik bin Annas,Muhammad bin Sirri,Yahya bin Said,Yahya bin Said,Yazid bin Abi Habib
1.Bukhari : As-Shahul as-Sanid
2.Yahya bin Main : Tsiqoh
3.Al-‘Ajali : Tsiqoh
4.An-Nasai : Tsiqoh
4
Yahya bin Said bin Qais w.143 H
Guru : 77
Nafi’ maula Ibnu Abbas,Musa bin ‘Aqabah,Muhammad bin Yahya bin Hibban
Murid : 97
Malik bin Annas,Lais bin Said,Muhammad bin Ishaq
1.Yahya bin Ma’in : Afdhalu Ulama fi zamani
2.Sufyan al-Tsauri : Khufadhun nas al-Arba’an
3.Ahmad bin Hanbal : Asbatun al-Nas
4.Al ‘Ajaly : Tsiqoh
5.An-Nasai : Tsiqoh Tsubut
5
Lais Bin Said bin Abdirrahman Al-Fahmi,(Abu al-Harist al-Misri ) 175 H
Guru : 80
Yahya bin Said,nafi maula Ibnu Umar,Bakr bin Sawwadah.
Murid :72
Muhammad bin Ramh,Qutaibah bin Said,Ahmad bin Abdullah
Ahmad bin Hanbal : Tsiqoh Tsubut.

6
Muhammad bin Ramh w.242 H
Guru : 5
Abdullah bin Lahi’ah,Lais bin Said,Naim bin Himad
Murid : 29
Muslim.Ibnu Majah,Ibrahim bin Samrah,Ahmad bin Yunus
1.Abu Dawud : Tsiqoh
2.Ibnu Hiban : Tsiqoh
3.Abu Said bin Yunus : Tsiqoh Tsubut fi al-Hadist

2.Data Dari Sofware Hadist[8] 
NO
NAMA
GURU
MURID
Jarh wa Ta’dil
1.
Zaid bin Tsabit : w.55 H
Guru : 3
Rasulullah saw.,Abu Bakar as-Shidiq,Umar bin Khatab,Abdullah bin Umar,Usman bin Affan
Murid : 52
Anas bin Malik,Abu Said al-Khudry,Abdullah bin Umar bin Khattab,’Atha bin Yasar
1.Min al-Shahabah wa Ratibuhum Asma Murotib al-Adalah wa Taufiq.
2.
Abdullah bin Umar : w.73 H
Guru : 21
Rasulullah saw.,Zaid bin Tsabit,Abi Lababah,Zaid bin Khattab

Murid : 259
Zaid bin Aslam,Said bin Musayyab,Nafi’,Abdurrahman bin Alqamah

1. Min al-Shahabah wa Ratibuhum Asma Murotib al-Adalah wa Taufiq.

3.
Nafi’ : w.120 H
Guru : 34
Aisyah,Abi Huroirah,Ummu Salamah,Abdullah bin Umar

Murid : 152
Malik bin Annas,Muhammad bin Sirrin,Yahya bin Said,Yahya bin Said,Yazid bin Abi Habib

1.Yahya bin Main : Tsiqoh
2.Al-‘Ajali : Tsiqoh
3.An-Nasai :
 Tsiqoh
4.Ibnu Kharas : Tsiqoh
4.
Yahya bin Said : w.143 H
Guru : 89
Nafi’ maula Ibnu Abbas,Musa bin ‘Aqabah,Muhammad bin Yahya bin Hibban
Murid : 78
Malik bin Annas,Lais bin Said,Muhammad bin Ishaq
1.Yahya bin Ma’in : Tsiqoh
2.Sufyan al-Tsauri : Khufadhun nas al-Arba’ah
3.Ahmad bin Hanbal : Asbatun al-Nas
4.Al ‘Ajaly : Tsiqoh
5.An-Nasai : Tsiqoh Ma’mun
5.
Lais bin Said : w.175 H
Guru : 93
Yahya bin Said,nafi maula Ibnu Umar,Bakr bin Sawwadah.
Murid :65
Muhammad bin Ramh,Qutaibah bin Said,Ahmad bin Abdullah
1.Ahmad bin Hanbal : Tsiqoh
2.Ali al-Madani : Tsiqoh Tsubut
3.Yahya bin Ma’in : Tsiqoh
6.
Muhammad bin Ramhah : w.242 H
Guru : 2
Abdullah bin Lahi’ah,Lais bin Said,Naim bin Himad
Murid : 1
Ibnu Majah
1.Abu Dawud : Tsiqoh
2.Ibnu Hiban : Tsiqoh
3.Abu Said bin Yunus : Tsiqoh Tsubut fi al-Hadist

Sekilas terdapat beberapa perbedaan data antara kitab tahdzibu al-kamal dengan data yang di dapat dari software.Namun hal tersebut bukan merupakan masalah yang krusial,sebab memang pada dasarnya data-data yang ada dalam software hadist merupakan data yang di ambil dan telah ditarjih dari beberapa kitab rijalul hadist.Di antara contohnya adalah jumlah guru para perawi yang ada kebanyakan berbeda,namun data dari kitab tadhzib al-kamal belum ditarjih dan setelah ditarjih maka data yang ada akan seperti data yang di dapat dari software hadist.

3. Analisis

Suatu hadits dapat dinilai shahih apabila telah memenuhi lima syarat yaitu rawinya bersifat adil, sempurna ingatan, sanadnya tidak putus, hadits itu tidak berillah dan tidak janggal. Untuk mengetahui kelima hal tersebut perlu dilakukan penelitian para rijal dan penilaian para ulama hadits terhadap rijal hadits tersebut.
Kajian mengenai biografi rijal hadits akan diketahui ketersambungan sanad yang dapat dilakukan melalui dua hal, yakni dengan mengetahui akan adanya pertemuan antara kedua perawi atau sering juga disebut dengan istilah mu’asharah dan kedua adalah dengan mengetahui guru dan murid perawi. Dua cara inilah yang nantinya akan digunakan dalam analisa ketersambungan sanad.
Dari pembahasan sebelumnya menyebutkan bahwa perawi pertama hadist ini adalah Zaid bin Tsabit.Beliau adalah seorang sahabat yang mempunyai tugas istimewa yakni sebagai penulis wahyu,pernah mengikuti perang khandak pada usia 15 tahun,dan wafat pada tahun 45 H.Hadist ini kemudian diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar bin Khattab. Ketika perang badar terjadi beliau berumur 13 tahun,dan beliau pernah mengikuti perang khandak pada usia 16 tahun.Beliau wafat pada tahun 73 H.Kemudian mereka sama-sama satu kota yaitu Madinah dan dalam tabel dijelaskan pula bahwa mereka adalah guru dan murid.Hal ini berarti sanad keduanya bersambung.
Selanjutnya hadist ini diriwayatkan oleh Nafi’ Maula Ibnu Umar,budak dari Abdullah bin Umar.Beliau adalah seorang tabi’in yang juga tinggal di Madinah,beliau  wafat di Madinah pada tahun 117 H.Melihat bahwa beliau adalah budak dari Abdullah bin Umar berarti sanad mereka juga bersambung,selain itu didukung dengan hubungan mereka sebagai guru dan murid.
Setelah Nafi’ hadist ini diriwayatkan oleh Yahya bin Said tabiin yang pernah menjabat hakim di Madinah dan wafat pada tahun 114 H.Status hubungan mereka adalah guru dan murid dan mereka juga semasa,maka sanad mereka juga bersambung.
Murid dari Yahya bin Said yang juga meriwayatkan hadist ini adalah Lais bin Said seorang tabiin kenamaan yang tinggal di daerah murru,beliau seorang yang tsiqoh dan wafat pada tahun 175 H.Hal ini juga mengindikasikan bahwa sanad mereka juga bersambung.
Sanad terkahir dari hadist ini adalah Muhammad bin Ramhah.Belaiu adalah murid dari Lais bin Said,beliau seorang tabi’in hidup di daerah Murru,dan belaiu wafat 242 H.Sanad terakhir ini juga dapat disimpukan sanadnya bersambung.
Hadist ini memilki beberapa jalur sanad yang memilik matan yang berbeda yaitu pada Shahih al- Bukhari bab buyu No 2028,2039,2043,dan bab masaqah hal 2206.Shahih al-Muslim bab buyu,No 2835-2841, Sunan al-Tirmidzi No 1221,1223, Sunan al-Nasai No 4456-4464, Musnad Ahmad hal  4260,4313,2590,20599,20651,20669,20683, Muwattaha’ Imam Malik hal ,1131,Sunan al-Darimi No 2440.

4. Kesimpulan
Dari paparan di atas bahwa seluruh perawi yang ada dalam sanad tersebut telah memenuhi syarat adanya ketersambungan sanad,ketsiqohan perawi yang disimpulkan bahwa nilai sanad dari hadist ini adalah shahih.

B.Penelitian Matan
1.Keseuaian Dengan Ayat al-Qura’n
            Untuk menentukan kesesuian matan hadist dengan hadist yang kedudukannya lebih hadist shahih yang lain maka perlu dipahami terlebih dahulu makna matan hadist yang telah dkeluarkan oleh Imam Ibnu Majah di atas yaitu sebagai berikut :[9]
1.      Ar-Rukhshah : Kata ar-rukhshah menurut bahasa bermakna keringanan,dan menurut istilah bermakna keringanan hukum dasar tanpa meninggalkan pengamalannya,maksudnya Allah SWT meringankan dan memudahkan bagi kaum muslimin dengan membolehkan al-araya bagi mereka dan mengecualikannya dari muzanabah dan riba maka Dia membolehkannya atas kaum muslimin sebagai kelonggaran,keringanan,dan rahmat.
2.      Al-araya : Kata al-Araya adalah jamak dari ‘ariyah seperti qadhaya jamak dari qadhiyah.Al-‘ariyah adalah pohon kurma yang buahnya dihibahkan oleh pemiliknya kepada orang lain setahun lamanya atau lebih.”Yazid berkata dari Sufyan bin Husain,Al-‘araya adalah pohon kurma yang dihibahkan kepada kaum miskin yang mana mereka tidak mampu menunggu hasilnya,maka mereka tidak mampu menunggu hasilnya,maka mereka diberi kelonggaran untuk menjualnya sesuai kehendak mereka dengan kurma kering”.Maksud dari jual-beli araya adalah jual beli hasil al-‘araya.
3.      Bi-kharshiha : Dengan taksiran,maksudnya dengan ukuran kurma basah yang ada pada pohon-pohon itu melalui taksiran dan perkiraan.
Dari penjelasan di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa kadungan matan hadist ini adalah              salah satu bentuk kelonggaran yang diberikan Allah dan Rasul-Nya kepada orang-orang miskin arab untuk menjual kurma-kurma basah yang mereka miliki dengan takaran kurma kering dan mengecualikan hal ini dari muzanabah dan riba.Karena memang pada saat itu mereka benar-benar tidak memilik harta selain kurma basah tersebut,dan apabila tidak ada rukhsah dari Nabi SAW dipastikan mereka akan kelaparan.
Melihat dari penafsiran di atas,bahwa hadist tersebut adalah hadist yang berkaitan dengan kelonggaran atau bisa disebut kemaslahatan maka ini sesuai dengan apa yang telah difirmankan Alllah dalam QS.al-Baqarah ayat 185.
3 ߃̍ムª!$# ãNà6Î/ tó¡ãŠø9$# Ÿwur ߃̍ムãNà6Î/ uŽô£ãèø9$#
“Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesulitan bagimu”


Dan juga surat al-Baqarah ayat 286.

Ÿw ß#Ïk=s3ムª!$# $²¡øÿtR žwÎ) $ygyèóãr

“Allah tidak membebani seseorang kecuali sesuai dengan kemampuannya”
Berdasarkan ayat-ayat di atas dapat disimpulkan,bahwa syariah Islam selamanya menghilangkan kesulitan dari manusia dan tidak ada hukum Islam yang tidak bisa dilaksanakan karena di luar kemampuan manusia yang memang sifanya lemah.Demikianlah makna umum yang bisa ditarik dari ayat-ayat di atas.[10]
Dari sini dapat di ambil kesimpulan bahwa kelonggaran dalam jual-beli araya tersebut telah sesuai dengan syariat Islam.



2. Kesesuaian Dengan Hadist yang Lebih Shahih
Hadist yang menjelaskan tentang kebolehan jual beli araya dan pengecualiannya dari riba sebagaimana yang telah disebutkan di atas disebutkan juga oleh al-Bukhari dengan beberapa lafadz,lalu belaiu menyebutkan dari jalan Ibnu Umar :[11]
أن رسول الله صلى الله عليه و سلم نهى عن المزابنه
“Bahwasanya Rasulullah SAW.Melarang Muzabanah.”
Beliau berkata bahwa Muzabanah adalah menjual kurma dengan takaran,apabila lebih dari itu maka menjadi milikku,tetapi apabila kurang dari itu maka menjadi tanggung jawabku.”Kemudian beliau berkata,”Dan Zaid bin Tsabit telah meriwayatkan kepadaku,
أن رسول الله صلى الله عليه و سلم رخص فى العرايا بخرصها
“Bahwasanya Rasulullah SAW.memberikan kelonggaran pada al-‘araya dengan taksiran.”
Dan juga mengeluarkan dari jalan Salim dari Abdullah bin Umar Bahwasanya Rasulullah SAW. Bersabda [12]:
لا تبيعوا الثمر حتى يبدوا صلاحه و لا تبعوا الثمر با التمر
“Janganlah kalian berjual beli buah-buahan hingga terlihat kematangannya,dan janganlah kalian berjual beli buah-buahan dengan kurma.”
Salim berkata,’Abdullah telah mengabarkan kepadaku dari Zaid bin Tsabit,
أن رسول الله صلى الله عليه و سلم رخص بعد ذ لك فى بيع العريه با لرطب أو با لتمر و لم يرخص فى غيره
“Bahwasanya Rasulullah SAW.memberi kelonggaran setelah itu pada jual-beli al-‘araya dengan kurma basah atau dengan kurma kering dan beliau tidak membeli kelonggaran pada yang lainya.”
Berdasarkan beberapa hadist di atas sekilas terjadi pertentangan antara hadist tentang larangan muzabanah dan juga hadist tentang larangan menjual buah-buahan yang belum jelas kematangannya,namun sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa hadist ini menerangkan tentang bentuk kelonggaran sekaligus pengecualian dari jual-beli muzabanah dan riba,dan juga pada riwayat al-Bukhari dari jalan Salim di atas mengisyaratkan bahwa setelah Nabi melarang jula beli buah-buahan yang belum jelas kematangnya,beliau memberikan kelonggaran terhadap jual beli araya.
Meskipun pada dasarnya hadist-hadist lain yang shahih redaksinya berbeda dengan hadist yang dikeluarkan oleh Imam Ibnu Majah,akan tetapi hadist ini memiliki kandungan matan yang sama dengan hadist lain yang lebih shahih sebagaimana hadist yang telah dosebutkan di atas.
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa hadist riwayat Ibnu Majah tersebut,tidak bertentangan dengan hadist lain yang lebih shahih.
3.Kesesuaian dengan Fakta Sejarah
            Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa jazirah arab merupakan daerah yang kondisi internalnya adalah gurun dan pasir di segala sudutnya.Tanaman pun sulit untuk tumbuh di sana karena pasokan air yang sangat langka,saat itu makanan pokok mereka adalah kurma.Para sahabat-sahabat yang memilki kekayaan lebih,mensedekahkan harta mereka berupa kurma basah yang masih di pohonnya kepada para penduduk miskin suku araya.Namun pada saat itu para penduduk araya tidak memilki makanan apapun yang bisa di makan,dan hanya memilki kurma basah tersebut.Oleh karena itu Nabi memberikan rukhshah kepada mereka untuk menjual kurma basah tersebut dengan taksiran.[13]
            Dari fakta sejarah yang ada bahwa memang kondisi Jazirah Arab yang gersang dan tanaman yang bisa tumbuh hanyalah kurma,maka hadsit yang menjelaskan tentang keringanan jual-beli araya di atas telah sesuai dengan fakta sejarah.



4.Perbandingan dengan Ilmu Pengetahuan dan Rasio.
            Berikut ini akan pemaparan  sebagian dari manfaat dan khasiat kurma ditinjau dari sudut pandang medis modern yang sekaligus menguatkan khabar Al-Qur’an Al-Karim dan As-Sunnah Ash-Shahihah tentang khasiat dan keutamaan kurma.[14]
1.      Tamr (kurma kering) berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan.
Penelitian yang terbaru menyatakan bahwa buah ruthab (kurma basah) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa systolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). Bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan Maryam binti Imran untuk memakan buah kurma ketika akan melahirkan, dikarenakan buah kurma mengenyangkan juga membuat gerakan kontraksi rahim bertambah teratur, sehingga Maryam dengan mudah melahirkan anaknya.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.
Artinya : “Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu kearahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernadzar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini.” [Maryam : 25-26]
Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah membawakan perkataan ‘Amr bin Maimun di dalam tafsirnya : “Tidak ada sesuatu yang lebih baik bagi perempuan nifas kecuali kurma kering dan kurma basah.
Dokter Muhammad An-Nasimi dalam kitabnya, Ath-Thibb An-Nabawy wal Ilmil Hadits (II/293-294) mengatakan, “Hikmah dari ayat yang mulia ini secara kedokteran adalah, perempuan hamil yang akan melahirkan itu sangat membutuhkan minuman dan makanan yang kaya akan unsur gula, hal ini karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan bayi, terlebih lagi apabila hal itu membutuhkan waktu yang lama. Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika darah dippompa ke pembuluh nadi). Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam ruthab (kurma basah). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah untuk dicerna dengan cepat oleh tubuh.”
Buah kurma matang sangat kaya dengan unsur Kalsium dan besi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi perempuan yang sedang hamil dan yang akan melahirkan, bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kepada Maryam Al-Adzra (perawan) untuk memakannya ketika sedang nifas (setelah melahirkan). Kadar besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma matang sangat mencukupi dan penting sekali dalam proses pembentukan air susu ibu. Kadar zat besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma dapat menggantikan tenaga ibu yang terkuras saat melahirkan atau menyusui. Zat besi dan Kalsium merpuakan dua unsur efektif dan penting bagi pertumbuhan bayi. Alasannya , dua unsur ini merupakan unsur yang paling berpengaruh dalam pembentukan darah dan tulang sumsum.
2.      Ruthab (kurma basah) mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan-perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil yang berikutnya. Hal ini karena dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kalahiran.
Hormon oxytocine adalah hormon yang salah satu fungsinya membantu ketika wanita atau pun hewan betina melahirkan dan menyusui.
3.      Memudahkan persalinan dan membantu keselamatan sang ibu dan bayinya.
4.       Buah kurma, baik tamr maupun ruthab dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Oleh karena itu, para dokter menganjurkan untuk memberikan beberapa buah kurma di pagi hari kepada anak-anak dan orang yang lanjut usia, agar kondisi kejiwaannya lebih baik.
5.      Buah kurma yang direbus dapat memperlancar saluran kencing.
6.      Buah kurma Ajwah dapat digunakan sebagai alat ruqyah dan mencegah dari ganguan jin.
7.      Kurma sangat dianjurkan sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Ada hal yang sudah ditetapkan dalam bidang kedokteran bahwa gula dan air merupakan zat yang pertama kali dibutuhkan orang berpuasa setelah melalui masa menahan makan dan minum. Berkurangnya glukosa (zat gula) pada tubuh dapat mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang-tulang. Dilain pihak, berkurangnya air dapat melemahkan dan mengurangi daya tahan tubuh. Hal ini berbeda dengan orang berpuasa yang langsung mengisi perutnya dengan makanan dan minuman ketika berbuka. Padahal ia membutuhkan tiga jam atau lebih agar pencernaannya dapat menyerap zat gula tersebut. Oleh karena itu, orang yang menyantap makanan dan minuman ketika berbuka puasa tetap dapat merasakan fenomena kelemahan dan gangguan-ganguan jasmani akibat kekurang zat gula dan air.
8.      Buah kurma dapat mencegah stroke.
9.      Buah kurma kaya dengan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti Kalsium dan Potasium. Buah kurma adalah makanan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengkonsumsi protein seperti ikan dan telur.
10.  Buah kurma mengandung vitamin A yang baik dimana ia dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.
11.  Kurma adalah buah, makanan, obat, minuman sekaligus gula-gula.
Hadist merupakan perkataan,pebuatan,dan taqrir Nabi Muhammad SAW. yang pada hakikatnya secara maknawi merupakan wahyu[15]. Sebagaimana firman Allah dalam QS an-Najm ayat 3-4 ;
$tBur ß,ÏÜZtƒ Ç`tã #uqolù;$# ÇÌÈ ÷bÎ) uqèd žwÎ) ÖÓórur 4ÓyrqムÇÍÈ
 “Dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Quran) menurut kemauan hawa nafsunya.Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).”

Wahyu berfungsi sebagai tuntunan dan petunujuk bagi umat Islam baik untuk menggapai kehidupan akhirat maupun kehidupan dunia.Oleh karenanya suatu hadist haruslah memilki unsur-unsur yang relevan,dan juga mempunyai unsur yang membuktikan kemukjizatan Nabi.
Berdasarkan pernyataan di atas dan kemajuan Ilmu Pengetahuan yang membuktikan bahwa kurma memliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia.Hal ini menjadi hujjah atas dijadikannya kurma sebagai salah satu unsur dalam matan hadist tersebut dan sekaligus membuktikan kemukjizatan Nabi SAW..
4.Kesimpulan
            Dari seluruh pemaparan kandungan matan hadist di atas,sama sekali tidak ada bentuk pertentangan di dalamnya ,sebab unsur kemaslahatan memang merupakan tujuan dari diturunkannya Syariat Islam.Oleh karena itu matan hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah di atas adalah shahih.




[1] Wensick dan Mensing,Mu’jam Mufahras li Alfadz al Hadist al-Nabawi,Juz IV,(E.J.Brill : London,1962),h.202-203.
[2] Jammaludin Abi Yusuf Hajjaj al-Mazzi,Tahdzibul Kamal fi Asma’ al-Rijal,Juz 10,(Musasah al-Risalah:Beirut,1422 H),h.24-32.
[3] Ibid,Juz 15,h.332-341.
[4] Ibid.Juz 25,h.203-206.
[5] Ibid,Juz.31.
[6] Ibid.Juz 24.
[7] Ibid,Juz 15,h.298-306.
[8] Mausu’at Hadist al-Syarif,Cet II,Jamiul Huquq Mahfudzat li Syarikah Islamiyah al-Duwaliyah.
[9] Abdul Qadir Syaibah bin Hamd,Fiqhul Islam,(Syarh Bulugh al-Maram Min Jam’ Adillatil Ahkam),(Terj.,Darul Haq : Jakarta,2005),h.205-206.
[10]Djazuli,Kaidah-Kaidah Fikih,(Predana Media Group: Jakarta,2010),h.59.
[11] Abdul Qadir Syaibah al-Hamd,Op.CIt.,h.206-212.
[12] Ibid.
[13] Shafyyur al-Rahman al-Mubarrakfury,Rahiqul Makhtum,(Jamiah Salafiyah : Hindi,1999),h.15-16.
[14] Zaki Rahmawan,Kupas Tuntas Khasiat Kurma,(Tinjauan Al-Qur’an,As-Sunnah dan Medis Modern),Media Tarbiyah : Bogor,1426 H.
[15] Manna’ Khalil Qattan,Mabahis fi ‘Ulumil Qura’n,Cet III,(Mansyurat al-‘Asr al-Hadist : Riyadh,1990),h 28.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar