A.Penelitian Sanad
1.Matan dan Perawinya
Adapun matan hadist yang akan ditakhrij ,yaitu :
أن رسول الله صلى الله عليه و سلم أرخص في
بيع العرية بخرصها تمرا) رواه إبن ماجه)
Artinya :
“Bahwasanya
Rasulullah saw memberikan kelonggaran dalam jual-beli araya dengan taksiran
kurma basah.”
Setelah
dilakukan pen-takhrij-an dengan kitab al-Mu’jam al-Mufahras li Alfadz
al-Hadist al-Nabawi,dan kata yang di ambil adalah عري
dari situlah didapatkan keterangan[1],sebagai berikut;
رخص ......,أرخص فى بيع العرية. خ بيوع
{83}. م بيوع {59},{63},{66}. ن بيوع {33}.جه
تجارات {55}.
Adapun istilah-istilah di atas
memberikan pengertian bahwa hadist yang menjelaskan tentang jual-beli araya
tersebut terdapat dalam :
·
Hadist
tersebut terdapat dalam kitab shahih al-buhkari,kitab al-buyu’(jual-beli)
bab 83 No 2028,2039,2043.
·
Hadist
tersebut terdapat dalam kitab Shahih Muslim,kitab al-buyu’
(jual-beli),bab yang ke-59 No 3878-3888,63,dan ke-66.Jadi dalam kitab shahih
muslim terdapat tiga hadist yang menjelaskan mengenai jual-beli araya.
·
Hadist
tersebut terdapat dalam kitab Sunan al-Nasai,kitab al-buyu’ (jual-beli),bab
33 No 4544 - 4548 .
·
Hadist
tersebut terdapat dalam kitab sunan Ibnu Majah,kitab al-tijarat
(perdagangan) bab 55 No 2269 .Sebagaimana matan hadist yang telah disebut
di atas.
Adapun secara lengkapnya tulisan hadist tersebut adalah sebagai
berikut :
حدثنا محمد بن رمح .
أنبأنا الليث بن سعد عن يحيى بن سعيد عن نافع عن عبد الله بن عمر أنه قال حدثني
زيد بن ثابت أن رسول الله صلى الله عليه و سلم أرخص في بيع العرية بخرصها تمرا) رواه إبن ماجه)
“Telah
menceritakan kepada kami Muhammad bin Ramhah,Telah menghabarkan kepada kami
al-Lais bin said dari yahya bin said dari Nafi dari Abdullah bin
Umar,sesungguhnya beliau berkata telah bercerita kepadaku Zaid bin Tsabit :
bahwasnya Rasulullah saw. Memberikan kelonggaran dalam jual-beli araya dengan
taksiran kurma basah.”
Hadist
tersebut diriwayatkan oleh tujuh perawi di mana perawi terkhirnya adalah Ibnu
Majah,Ia meriwayatkan dari Muhammad bin Ramhah,dari al-Lais bin Said,dari Yahya
bin Said,dari Nafi’,dari Abdullah bin Umar,dari Zaid bin Tsabit.
Untuk mempermudah gambaran periwayatan hadist,maka disini
dicantumkan skema periwayatan,yaitu sebagai berikut :
2.Biografi
dan Nilai al-Jarh wa-Ta’dil Perawi
a.Zaid bin
Tsabit[2]
Nama
lengkap beliau adalah Zaid bin Tsabit bin Dhahak bin Zaid bin Laudzan bin ‘Abdu
Auf bin Ghanam bin Malik bin Najjar atau Abu Kharijah sahabat Nabi saw.Ibu
beliau bernama Ummu Nawar binti Malik.Ketika Rasulullah saw hijrah ke
Madinah,saat itu beliau berumur 11 tahun,beliau adalah penulis wahyu yakni
al-Qura’n. Menurut satu riwayat saat Rasulullah saw. Tiba di Madinah beliau
memrintahkan kepada Zaid untuk membaca beberapa surat dari al-Qur’an dan Ia
mampu membaca dan manghafal 17 surat dan Rasulullah pun kagum padanya.
Di antara guru-gurunya adalah Rasulullah
saw.,Abu Bakar as-Shidiq,Umar bin Khatab,Abdullah bin Umar,Usman bin
Affan,Abdullah bin Usman.Sedangkan di antara murid-murid beliau adalah Abban
bin Usman bin Affan,Anas bin Malik,Basyar bin Said,Tsabit bin Hajjaj,Tsabit bin
Ubaid, Abu Said al-Khudry,Abdullah bin Umar bin Khattab,’Atha bin Yasar,dan
masih banyak lagi murid beliau yang lain.
Beliau termasuk golongan sahabat yang menjadi sekertaris
nabi,beliau tidak mengikuti perang Badar karena saat itu beliau masih berumur
11 tahun dan Rasulullah melarangnya untuk ikut.akan tetapi beliau pernah
mengikuti perang Khandak ketika beliau berumur 15 tahun.Beliau wafat pada umur
45 tahun di Madinah.Menurut suatu riwayat dari Said bin Musayyab beliau berkata
wafatnya beliau adalah termasuk dari matinya ilmu yang banyak.
b.Abdullah bin Umar[3]
Nama lengkap beliau adalah Abdullah bin Umar bin Khattab
al-Quraisy al-Adwi.Belaiu masuk Islam sejak awal-awal masa penyebarannya.Ia
hijrah ke-Madinah bersama ayahnya,Ia lahir pada hari ahad,dan menyaksikan
perang Khandak dan setelahnya.Ibunya bernama Zainab binti Math’un saudara
perempuan Usman bin Affan.
Diantara guru-guru belaiu adalah Nabi saw.,Bilal bin
Rabbah (muadzin Rasulullah),Rafi’ bin Khadij,Zaid bin Tsabit,Zaid bin Khattab
(pamanya),Said bin Abi Waqqas,Suhaib bin Sinnan dan masih banyak lagi.Adapun
Murid-murid belaiu antara lain adalah Adam bin Ali al-Bakri al-‘Ajali,Aslam
(maula Umar bin Khattab),Annas bin Sirrin,Basar bin Said al-Madany, Said bin
Musayyab,Nafi’,Abdurrahman bin Alqamah dan lain-lain.
Ketika perang badar terjadi beliau berumur 13 tahun,dan
beliau pernah mengikuti perang khandak pada usia 16 tahun.Beliau wafat pada
tahun 73 H di Murru.
c.Nafi’[4]
Ketika masih kecil beliau bernama Abdullah,beliu adalah
golongan tabiin, budak dari Abdullah bin Umar,menurut suatu riwayat beliau
berasal dari barat ada yang mengatakan dari Naisabur,ayahnya bernama Abdullah.
Guru-guru beliau di antaranya adalah Ibrahim bin Abdullah
bin Hanin,Ibrahim bin Abdullah bin Ma’bad,Aslam (budak Umar bin Khattab),Zaid
bin Abdullah,Salim bin Abdullah (saudaranya), Aisyah,Abi Huroirah,Ummu
Salamah,Abdullah bin Umar.Sedangkan di antar murid-murid beliau adalah Malik
bin Annas,Muhammad bin Sirrin,Yahya bin Said,Yahya bin Said,Yazid bin Abi Habib,dan
lain-lain.
Beliau termasuk dalam jajaran as-sahhul as-sannid menurut
Imam Bukhari,belaiu wafat pada tahun 117 H di Madinah.
d.Yahya bin Said[5]
Yahya bin Said bin Qais bin Amr Ibnu Tsa’labah bin Harist
bin Zaid bin Tsa’labah bin Ghanam bin Malik bin Najjar.Belaiu adalah seorang
hakim di Madinah.
Di antara guru belaiu adalah Nafi’ maula Ibnu Abbas,Musa
bin ‘Aqabah,Muhammad bin Yahya bin Hibban dan lain-lain.Dan murid-murid belaiu
antara lain adalah Malik bin Annas,Lais bin Said,Muhammad bin Ishaq,Ismali bin
‘Iyas,Ismail bin Qais,dan lain-lain.
Beliau adalah orang yang faqih,seorang yang paling utama
pada masanya,beliau wafat pada tahun 144 H di Hasyimiyah.
e.Lais bin Said[6]
Lais bin Said bin Abdirrahman al-Fahmi kunyah beliau
adalah Abu al-Harist budak dari Abdurrahman bin Khalid bin Musafir,beliau
berasal dari Asbahan salah satu daerah di Mesir.
Guru-guru beliau adalah Ibrahim bin Abi Ghalabah,Ibrahim
bin Nasyith,Bakir bin Abdillah,Ja’far bin Abdullah, Yahya bin Said,Nafi maula
Ibnu Umar,Bakr bin Sawwadah.Sedangkan murid beliau adalah Muhammad bin
Ramh,Qutaibah bin Said,Ahmad bin Abdullah,Ahmad bin Abdullah bin Yunus,Adam bin
Abi Iyas.
Beliau seorang yang di anggap kuat fatwanya,termasuk seorang
yang paling tsiqoh di Mesir,beliau wafat pada tahun 175 H.
f.Muhammad bin Ramhah[7]
Muhammad bin Ramhah bin Muhajir adalah seorang akbar
al-tabi’in di masanya,beliu hidup di daerah Murru.Budak dari Abu
Abadullah al Misri.
Guru beliau adalah Abdullah bin Lahi’ah bin ‘Aqabah dan
Lais bin Said.Sedangkan murid beliau adalah Imam Ibnu Majah.Beliau wafat pada
tahun 242 H.
1.Data Dari Kitab
NO
|
NAMA
|
GURU
|
MURID
|
JARH
WA TA’DIEL
|
1
|
Zaid
bin Sabit bin Dhahak w.55 H
|
Guru
: 5
Rasulullah saw.,Abu Bakar as-Shidiq,Umar bin Khatab,Abdullah bin
Umar,Usman bin Affan
|
Murid
: 41
Anas
bin Malik,Abu Said al-Khudry,Abdullah bin Umar bin
Khattab,’Atha bin Yasar
|
1.Ashabul
Fatawa min Ashab an-Nabi
|
2
|
Abdullah
bin Umar bin Khattab w.73 H
|
Guru
: 20
Rasulullah
saw.,Zaid bin Tsabit,Abi Lababah,Zaid bin Khattab
|
Murid
: 228
Zaid
bin Aslam,Said bin Musayyab,Nafi’,Abdurrahman bin Alqamah
|
1.Hafsah
: Rajul as-Shalih
|
3
|
Nafi’
Maula Abdullah bin Umar bin Khattab w.120 H
|
Guru
: 29
Aisyah,Abi
Huroirah,Ummu Salamah,Abdullah bin Umar
|
Murid
: 139
Malik
bin Annas,Muhammad bin Sirri,Yahya bin Said,Yahya bin
Said,Yazid bin Abi Habib
|
1.Bukhari
: As-Shahul as-Sanid
2.Yahya
bin Main : Tsiqoh
3.Al-‘Ajali
: Tsiqoh
4.An-Nasai
: Tsiqoh
|
4
|
Yahya
bin Said bin Qais w.143 H
|
Guru
: 77
Nafi’ maula Ibnu Abbas,Musa bin ‘Aqabah,Muhammad bin Yahya
bin Hibban
|
Murid
: 97
Malik
bin Annas,Lais bin Said,Muhammad bin Ishaq
|
1.Yahya
bin Ma’in : Afdhalu Ulama fi zamani
2.Sufyan
al-Tsauri : Khufadhun nas al-Arba’an
3.Ahmad
bin Hanbal : Asbatun al-Nas
4.Al
‘Ajaly : Tsiqoh
5.An-Nasai
: Tsiqoh Tsubut
|
5
|
Lais
Bin Said bin Abdirrahman Al-Fahmi,(Abu al-Harist al-Misri ) 175 H
|
Guru
: 80
Yahya
bin Said,nafi maula Ibnu Umar,Bakr bin
Sawwadah.
|
Murid
:72
Muhammad bin Ramh,Qutaibah bin Said,Ahmad bin Abdullah
|
Ahmad
bin Hanbal : Tsiqoh Tsubut.
|
6
|
Muhammad
bin Ramh w.242 H
|
Guru
: 5
Abdullah
bin Lahi’ah,Lais bin Said,Naim bin Himad
|
Murid
: 29
Muslim.Ibnu Majah,Ibrahim bin Samrah,Ahmad bin Yunus
|
1.Abu
Dawud : Tsiqoh
2.Ibnu
Hiban : Tsiqoh
3.Abu
Said bin Yunus : Tsiqoh Tsubut fi al-Hadist
|
2.Data Dari Sofware
Hadist[8]
NO
|
NAMA
|
GURU
|
MURID
|
Jarh wa Ta’dil
|
1.
|
Zaid bin Tsabit : w.55 H
|
Guru
: 3
Rasulullah saw.,Abu Bakar as-Shidiq,Umar bin Khatab,Abdullah bin
Umar,Usman bin Affan
|
Murid
: 52
Anas
bin Malik,Abu Said al-Khudry,Abdullah bin Umar bin
Khattab,’Atha bin Yasar
|
1.Min
al-Shahabah wa Ratibuhum Asma Murotib al-Adalah wa Taufiq.
|
2.
|
Abdullah bin Umar : w.73 H
|
Guru
: 21
Rasulullah
saw.,Zaid bin Tsabit,Abi Lababah,Zaid bin
Khattab
|
Murid
: 259
Zaid
bin Aslam,Said bin Musayyab,Nafi’,Abdurrahman
bin Alqamah
|
1.
Min al-Shahabah wa Ratibuhum Asma Murotib al-Adalah wa Taufiq.
|
3.
|
Nafi’ : w.120 H
|
Guru
: 34
Aisyah,Abi
Huroirah,Ummu Salamah,Abdullah bin Umar
|
Murid
: 152
Malik
bin Annas,Muhammad bin Sirrin,Yahya bin Said,Yahya
bin Said,Yazid bin Abi Habib
|
1.Yahya
bin Main : Tsiqoh
2.Al-‘Ajali
: Tsiqoh
3.An-Nasai
:
Tsiqoh
4.Ibnu
Kharas : Tsiqoh
|
4.
|
Yahya bin Said : w.143 H
|
Guru
: 89
Nafi’ maula Ibnu Abbas,Musa bin ‘Aqabah,Muhammad bin Yahya
bin Hibban
|
Murid
: 78
Malik
bin Annas,Lais bin Said,Muhammad bin Ishaq
|
1.Yahya
bin Ma’in : Tsiqoh
2.Sufyan
al-Tsauri : Khufadhun nas al-Arba’ah
3.Ahmad
bin Hanbal : Asbatun al-Nas
4.Al
‘Ajaly : Tsiqoh
5.An-Nasai
: Tsiqoh Ma’mun
|
5.
|
Lais bin Said : w.175 H
|
Guru
: 93
Yahya
bin Said,nafi maula Ibnu Umar,Bakr bin Sawwadah.
|
Murid
:65
Muhammad bin Ramh,Qutaibah bin Said,Ahmad bin Abdullah
|
1.Ahmad
bin Hanbal : Tsiqoh
2.Ali
al-Madani : Tsiqoh Tsubut
3.Yahya
bin Ma’in : Tsiqoh
|
6.
|
Muhammad bin Ramhah : w.242 H
|
Guru
: 2
Abdullah
bin Lahi’ah,Lais bin Said,Naim bin Himad
|
Murid
: 1
Ibnu Majah
|
1.Abu
Dawud : Tsiqoh
2.Ibnu
Hiban : Tsiqoh
3.Abu
Said bin Yunus : Tsiqoh Tsubut fi al-Hadist
|
Sekilas terdapat beberapa perbedaan data antara kitab tahdzibu
al-kamal dengan data yang di dapat dari software.Namun hal tersebut bukan
merupakan masalah yang krusial,sebab memang pada dasarnya data-data yang ada
dalam software hadist merupakan data yang di ambil dan telah ditarjih dari
beberapa kitab rijalul hadist.Di antara contohnya adalah jumlah guru
para perawi yang ada kebanyakan berbeda,namun data dari kitab tadhzib al-kamal
belum ditarjih dan setelah ditarjih maka data yang ada akan seperti data
yang di dapat dari software hadist.
3.
Analisis
Suatu hadits dapat dinilai shahih apabila telah memenuhi
lima syarat yaitu rawinya bersifat adil, sempurna ingatan, sanadnya tidak
putus, hadits itu tidak berillah dan tidak janggal. Untuk mengetahui kelima hal
tersebut perlu dilakukan penelitian para rijal dan penilaian para ulama hadits
terhadap rijal hadits tersebut.
Kajian mengenai biografi rijal hadits akan diketahui
ketersambungan sanad yang dapat dilakukan melalui dua hal, yakni dengan
mengetahui akan adanya pertemuan antara kedua perawi atau sering juga disebut
dengan istilah mu’asharah dan kedua adalah dengan mengetahui guru dan murid perawi.
Dua cara inilah yang nantinya akan digunakan dalam analisa ketersambungan
sanad.
Dari pembahasan sebelumnya menyebutkan bahwa perawi pertama
hadist ini adalah Zaid bin Tsabit.Beliau adalah seorang sahabat yang mempunyai
tugas istimewa yakni sebagai penulis wahyu,pernah mengikuti perang khandak pada
usia 15 tahun,dan wafat pada tahun 45 H.Hadist ini kemudian diriwayatkan oleh
Abdullah bin Umar bin Khattab. Ketika perang badar terjadi
beliau berumur 13 tahun,dan beliau pernah mengikuti perang khandak pada usia 16
tahun.Beliau wafat pada tahun 73 H.Kemudian mereka sama-sama satu kota yaitu
Madinah dan dalam tabel dijelaskan pula bahwa mereka adalah guru dan murid.Hal
ini berarti sanad keduanya bersambung.
Selanjutnya hadist ini diriwayatkan oleh Nafi’ Maula Ibnu
Umar,budak dari Abdullah bin Umar.Beliau adalah seorang tabi’in yang juga
tinggal di Madinah,beliau wafat di
Madinah pada tahun 117 H.Melihat bahwa beliau adalah budak dari Abdullah bin
Umar berarti sanad mereka juga bersambung,selain itu didukung dengan hubungan
mereka sebagai guru dan murid.
Setelah Nafi’ hadist ini diriwayatkan oleh Yahya bin Said
tabiin yang pernah menjabat hakim di Madinah dan wafat pada tahun 114 H.Status
hubungan mereka adalah guru dan murid dan mereka juga semasa,maka sanad mereka
juga bersambung.
Murid dari Yahya bin Said yang juga meriwayatkan hadist ini
adalah Lais bin Said seorang tabiin kenamaan yang tinggal di daerah
murru,beliau seorang yang tsiqoh dan wafat pada tahun 175 H.Hal ini juga
mengindikasikan bahwa sanad mereka juga bersambung.
Sanad terkahir dari hadist ini adalah Muhammad bin
Ramhah.Belaiu adalah murid dari Lais bin Said,beliau seorang tabi’in hidup di
daerah Murru,dan belaiu wafat 242 H.Sanad terakhir ini juga dapat disimpukan
sanadnya bersambung.
Hadist
ini memilki beberapa jalur sanad yang memilik matan yang berbeda yaitu pada Shahih
al- Bukhari bab buyu No 2028,2039,2043,dan bab masaqah hal
2206.Shahih al-Muslim bab buyu,No 2835-2841, Sunan al-Tirmidzi
No 1221,1223, Sunan al-Nasai No 4456-4464, Musnad Ahmad hal 4260,4313,2590,20599,20651,20669,20683, Muwattaha’
Imam Malik hal ,1131,Sunan al-Darimi No 2440.
4.
Kesimpulan
Dari paparan di atas bahwa seluruh perawi yang ada dalam
sanad tersebut telah memenuhi syarat adanya ketersambungan sanad,ketsiqohan perawi
yang disimpulkan bahwa nilai sanad dari hadist ini adalah shahih.
B.Penelitian Matan
1.Keseuaian Dengan Ayat
al-Qura’n
Untuk menentukan kesesuian matan hadist dengan hadist
yang kedudukannya lebih hadist shahih yang lain maka perlu dipahami terlebih
dahulu makna matan hadist yang telah dkeluarkan oleh Imam Ibnu Majah di atas
yaitu sebagai berikut :[9]
1.
Ar-Rukhshah :
Kata ar-rukhshah menurut bahasa bermakna keringanan,dan menurut istilah
bermakna keringanan hukum dasar tanpa meninggalkan pengamalannya,maksudnya
Allah SWT meringankan dan memudahkan bagi kaum muslimin dengan membolehkan
al-araya bagi mereka dan mengecualikannya dari muzanabah dan riba maka Dia
membolehkannya atas kaum muslimin sebagai kelonggaran,keringanan,dan rahmat.
2.
Al-araya : Kata
al-Araya adalah jamak dari ‘ariyah seperti qadhaya jamak dari
qadhiyah.Al-‘ariyah adalah pohon kurma yang buahnya dihibahkan oleh pemiliknya
kepada orang lain setahun lamanya atau lebih.”Yazid berkata dari Sufyan bin
Husain,Al-‘araya adalah pohon kurma yang dihibahkan kepada kaum miskin yang
mana mereka tidak mampu menunggu hasilnya,maka mereka tidak mampu menunggu
hasilnya,maka mereka diberi kelonggaran untuk menjualnya sesuai kehendak mereka
dengan kurma kering”.Maksud dari jual-beli araya adalah jual beli hasil
al-‘araya.
3.
Bi-kharshiha :
Dengan taksiran,maksudnya dengan ukuran kurma basah yang ada pada pohon-pohon
itu melalui taksiran dan perkiraan.
Dari
penjelasan di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa kadungan matan hadist ini
adalah salah
satu bentuk kelonggaran yang diberikan Allah dan Rasul-Nya kepada orang-orang
miskin arab untuk menjual kurma-kurma basah yang mereka miliki dengan takaran
kurma kering dan mengecualikan hal ini dari muzanabah dan riba.Karena memang
pada saat itu mereka benar-benar tidak memilik harta selain kurma basah
tersebut,dan apabila tidak ada rukhsah dari Nabi SAW dipastikan mereka akan
kelaparan.
Melihat
dari penafsiran di atas,bahwa hadist tersebut adalah hadist yang berkaitan
dengan kelonggaran atau bisa disebut kemaslahatan maka ini sesuai dengan apa
yang telah difirmankan Alllah dalam QS.al-Baqarah ayat 185.
3 ßÌã ª!$# ãNà6Î/ tó¡ãø9$# wur ßÌã ãNà6Î/ uô£ãèø9$#
“Allah
menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesulitan bagimu”
Dan
juga surat al-Baqarah ayat 286.
w ß#Ïk=s3ã ª!$# $²¡øÿtR wÎ) $ygyèóãr
“Allah
tidak membebani seseorang kecuali sesuai dengan kemampuannya”
Berdasarkan
ayat-ayat di atas dapat disimpulkan,bahwa syariah Islam selamanya menghilangkan
kesulitan dari manusia dan tidak ada hukum Islam yang tidak bisa dilaksanakan
karena di luar kemampuan manusia yang memang sifanya lemah.Demikianlah makna
umum yang bisa ditarik dari ayat-ayat di atas.[10]
Dari
sini dapat di ambil kesimpulan bahwa kelonggaran dalam jual-beli araya tersebut
telah sesuai dengan syariat Islam.
2. Kesesuaian Dengan Hadist yang Lebih
Shahih
Hadist
yang menjelaskan tentang kebolehan jual beli araya dan pengecualiannya dari
riba sebagaimana yang telah disebutkan di atas disebutkan juga oleh al-Bukhari
dengan beberapa lafadz,lalu belaiu menyebutkan dari jalan Ibnu Umar :[11]
أن
رسول الله صلى الله عليه و سلم نهى عن المزابنه
“Bahwasanya Rasulullah SAW.Melarang Muzabanah.”
Beliau
berkata bahwa Muzabanah adalah menjual kurma dengan takaran,apabila
lebih dari itu maka menjadi milikku,tetapi apabila kurang dari itu maka menjadi
tanggung jawabku.”Kemudian beliau berkata,”Dan Zaid bin Tsabit telah
meriwayatkan kepadaku,
أن
رسول الله صلى الله عليه و سلم رخص فى العرايا بخرصها
“Bahwasanya Rasulullah SAW.memberikan kelonggaran pada al-‘araya
dengan taksiran.”
Dan
juga mengeluarkan dari jalan Salim dari Abdullah bin Umar Bahwasanya Rasulullah
SAW. Bersabda [12]:
لا
تبيعوا الثمر حتى يبدوا صلاحه و لا تبعوا الثمر با التمر
“Janganlah kalian berjual beli buah-buahan hingga terlihat
kematangannya,dan janganlah kalian berjual beli buah-buahan dengan kurma.”
Salim
berkata,’Abdullah telah mengabarkan kepadaku dari Zaid bin Tsabit,
أن
رسول الله صلى الله عليه و سلم رخص بعد ذ لك فى بيع العريه با لرطب أو با لتمر و
لم يرخص فى غيره
“Bahwasanya Rasulullah SAW.memberi kelonggaran setelah itu pada
jual-beli al-‘araya dengan kurma basah atau dengan kurma kering dan beliau
tidak membeli kelonggaran pada yang lainya.”
Berdasarkan
beberapa hadist di atas sekilas terjadi pertentangan antara hadist tentang
larangan muzabanah dan juga hadist tentang larangan menjual buah-buahan
yang belum jelas kematangannya,namun sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya
bahwa hadist ini menerangkan tentang bentuk kelonggaran sekaligus pengecualian
dari jual-beli muzabanah dan riba,dan juga pada riwayat al-Bukhari dari
jalan Salim di atas mengisyaratkan bahwa setelah Nabi melarang jula beli
buah-buahan yang belum jelas kematangnya,beliau memberikan kelonggaran terhadap
jual beli araya.
Meskipun
pada dasarnya hadist-hadist lain yang shahih redaksinya berbeda dengan hadist
yang dikeluarkan oleh Imam Ibnu Majah,akan tetapi hadist ini memiliki kandungan
matan yang sama dengan hadist lain yang lebih shahih sebagaimana hadist yang
telah dosebutkan di atas.
Dari
penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa hadist riwayat Ibnu Majah
tersebut,tidak bertentangan dengan hadist lain yang lebih shahih.
3.Kesesuaian
dengan Fakta Sejarah
Sebagaimana yang telah kita ketahui
bahwa jazirah arab merupakan daerah yang kondisi internalnya adalah gurun dan
pasir di segala sudutnya.Tanaman pun sulit untuk tumbuh di sana karena pasokan
air yang sangat langka,saat itu makanan pokok mereka adalah kurma.Para
sahabat-sahabat yang memilki kekayaan lebih,mensedekahkan harta mereka berupa
kurma basah yang masih di pohonnya kepada para penduduk miskin suku araya.Namun
pada saat itu para penduduk araya tidak memilki makanan apapun yang bisa
di makan,dan hanya memilki kurma basah tersebut.Oleh karena itu Nabi memberikan
rukhshah kepada mereka untuk menjual kurma basah tersebut dengan taksiran.[13]
Dari fakta sejarah yang ada bahwa
memang kondisi Jazirah Arab yang gersang dan tanaman yang bisa tumbuh hanyalah
kurma,maka hadsit yang menjelaskan tentang keringanan jual-beli araya di
atas telah sesuai dengan fakta sejarah.
4.Perbandingan dengan
Ilmu Pengetahuan dan Rasio.
Berikut ini akan pemaparan
sebagian dari manfaat dan khasiat kurma
ditinjau dari sudut pandang medis modern yang sekaligus menguatkan khabar
Al-Qur’an Al-Karim dan As-Sunnah Ash-Shahihah tentang khasiat dan keutamaan
kurma.[14]
1.
Tamr (kurma kering) berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus
dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung
serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim
terutama ketika melahirkan.
Penelitian yang terbaru menyatakan
bahwa buah ruthab (kurma basah) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim
dan menambah masa systolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke
pembuluh nadi). Bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan Maryam binti
Imran untuk memakan buah kurma ketika akan melahirkan, dikarenakan buah kurma
mengenyangkan juga membuat gerakan kontraksi rahim bertambah teratur, sehingga
Maryam dengan mudah melahirkan anaknya.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.
Artinya : “Dan goyangkanlah
pangkal pohon kurma itu kearahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah
kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika
kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah
bernadzar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara
dengan seorang manusia pun pada hari ini.” [Maryam : 25-26]
Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah
membawakan perkataan ‘Amr bin Maimun di dalam tafsirnya : “Tidak ada sesuatu
yang lebih baik bagi perempuan nifas kecuali kurma kering dan kurma basah.”
Dokter Muhammad An-Nasimi dalam
kitabnya, Ath-Thibb An-Nabawy wal Ilmil Hadits (II/293-294) mengatakan, “Hikmah
dari ayat yang mulia ini secara kedokteran adalah, perempuan hamil yang akan
melahirkan itu sangat membutuhkan minuman dan makanan yang kaya akan unsur
gula, hal ini karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan
mengeluarkan bayi, terlebih lagi apabila hal itu membutuhkan waktu yang lama.
Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim
dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika darah dippompa ke
pembuluh nadi). Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam ruthab (kurma
basah). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah untuk dicerna dengan cepat
oleh tubuh.”
Buah kurma matang sangat kaya dengan
unsur Kalsium dan besi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi perempuan yang
sedang hamil dan yang akan melahirkan, bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala
memerintahkan kepada Maryam Al-Adzra (perawan) untuk memakannya ketika sedang
nifas (setelah melahirkan). Kadar besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma
matang sangat mencukupi dan penting sekali dalam proses pembentukan air susu ibu.
Kadar zat besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma dapat menggantikan tenaga
ibu yang terkuras saat melahirkan atau menyusui. Zat besi dan Kalsium merpuakan
dua unsur efektif dan penting bagi pertumbuhan bayi. Alasannya , dua unsur ini
merupakan unsur yang paling berpengaruh dalam pembentukan darah dan tulang
sumsum.
2.
Ruthab (kurma basah) mencegah terjadi pendarahan bagi
perempuan-perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian
posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil yang berikutnya. Hal ini
karena dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine
yang dapat membantu proses kalahiran.
Hormon oxytocine adalah hormon yang
salah satu fungsinya membantu ketika wanita atau pun hewan betina melahirkan
dan menyusui.
3.
Memudahkan persalinan dan membantu keselamatan sang ibu dan
bayinya.
4.
Buah kurma, baik tamr
maupun ruthab dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap
kelenjar gondok. Oleh karena itu, para dokter menganjurkan untuk memberikan
beberapa buah kurma di pagi hari kepada anak-anak dan orang yang lanjut usia,
agar kondisi kejiwaannya lebih baik.
5.
Buah kurma yang direbus dapat memperlancar saluran kencing.
6.
Buah kurma Ajwah dapat digunakan sebagai alat ruqyah dan
mencegah dari ganguan jin.
7.
Kurma sangat dianjurkan sebagai hidangan untuk berbuka
puasa. Ada hal yang sudah ditetapkan dalam bidang kedokteran bahwa gula dan air
merupakan zat yang pertama kali dibutuhkan orang berpuasa setelah melalui masa
menahan makan dan minum. Berkurangnya glukosa (zat gula) pada tubuh dapat
mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang-tulang. Dilain pihak,
berkurangnya air dapat melemahkan dan mengurangi daya tahan tubuh. Hal ini
berbeda dengan orang berpuasa yang langsung mengisi perutnya dengan makanan dan
minuman ketika berbuka. Padahal ia membutuhkan tiga jam atau lebih agar
pencernaannya dapat menyerap zat gula tersebut. Oleh karena itu, orang yang
menyantap makanan dan minuman ketika berbuka puasa tetap dapat merasakan
fenomena kelemahan dan gangguan-ganguan jasmani akibat kekurang zat gula dan
air.
8.
Buah kurma dapat mencegah stroke.
9.
Buah kurma kaya dengan zat garam mineral yang menetralisasi
asam, seperti Kalsium dan Potasium. Buah kurma adalah makanan terbaik untuk
menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu
menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengkonsumsi
protein seperti ikan dan telur.
10.
Buah kurma mengandung vitamin A yang baik dimana ia dapat
memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan
tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta
menenangkan sel-sel saraf.
11.
Kurma adalah buah, makanan, obat, minuman sekaligus
gula-gula.
Hadist
merupakan perkataan,pebuatan,dan taqrir Nabi Muhammad SAW. yang pada hakikatnya
secara maknawi merupakan wahyu[15].
Sebagaimana firman Allah dalam QS an-Najm ayat 3-4 ;
$tBur
ß,ÏÜZt Ç`tã
#uqolù;$#
ÇÌÈ ÷bÎ)
uqèd
wÎ)
ÖÓórur
4Óyrqã ÇÍÈ
“Dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Quran)
menurut kemauan hawa nafsunya.Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang
diwahyukan (kepadanya).”
Wahyu berfungsi
sebagai tuntunan dan petunujuk bagi umat Islam baik untuk menggapai kehidupan
akhirat maupun kehidupan dunia.Oleh karenanya suatu hadist haruslah memilki
unsur-unsur yang relevan,dan juga mempunyai unsur yang membuktikan kemukjizatan
Nabi.
Berdasarkan
pernyataan di atas dan kemajuan Ilmu Pengetahuan yang membuktikan bahwa kurma
memliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia.Hal ini menjadi hujjah
atas dijadikannya kurma sebagai salah satu unsur dalam matan hadist tersebut
dan sekaligus membuktikan kemukjizatan Nabi SAW..
4.Kesimpulan
Dari
seluruh pemaparan kandungan matan hadist di atas,sama sekali tidak ada bentuk
pertentangan di dalamnya ,sebab unsur kemaslahatan memang merupakan tujuan dari
diturunkannya Syariat Islam.Oleh karena itu matan hadist yang diriwayatkan oleh
Imam Ibnu Majah di atas adalah shahih.
[1]
Wensick dan Mensing,Mu’jam Mufahras li Alfadz al Hadist al-Nabawi,Juz
IV,(E.J.Brill : London,1962),h.202-203.
[2]
Jammaludin Abi Yusuf Hajjaj al-Mazzi,Tahdzibul Kamal fi Asma’ al-Rijal,Juz
10,(Musasah al-Risalah:Beirut,1422 H),h.24-32.
[3]
Ibid,Juz 15,h.332-341.
[4]
Ibid.Juz 25,h.203-206.
[5]
Ibid,Juz.31.
[6]
Ibid.Juz 24.
[7]
Ibid,Juz 15,h.298-306.
[8]
Mausu’at Hadist al-Syarif,Cet II,Jamiul Huquq Mahfudzat li Syarikah
Islamiyah al-Duwaliyah.
[9]
Abdul Qadir Syaibah bin Hamd,Fiqhul Islam,(Syarh Bulugh al-Maram Min Jam’
Adillatil Ahkam),(Terj.,Darul Haq : Jakarta,2005),h.205-206.
[10]Djazuli,Kaidah-Kaidah
Fikih,(Predana Media Group: Jakarta,2010),h.59.
[11]
Abdul Qadir Syaibah al-Hamd,Op.CIt.,h.206-212.
[12]
Ibid.
[13]
Shafyyur al-Rahman al-Mubarrakfury,Rahiqul Makhtum,(Jamiah Salafiyah :
Hindi,1999),h.15-16.
[14]
Zaki Rahmawan,Kupas Tuntas Khasiat Kurma,(Tinjauan Al-Qur’an,As-Sunnah dan
Medis Modern),Media Tarbiyah : Bogor,1426 H.
[15]
Manna’ Khalil Qattan,Mabahis fi ‘Ulumil Qura’n,Cet III,(Mansyurat
al-‘Asr al-Hadist : Riyadh,1990),h 28.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar